:

Selasa, 18 Desember 2007

Berburu Rumah Seken Berkualitas

Setiap manusia pasti selalu membutuhkan tempat tinggal atau rumah. Maka, rumah merupakan kebutuhan yang amat penting bagi semua orang. Dalam tingkat kebutuhan manusia, rumah termasuk kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Apalagi, bagi mereka yang sudah bekeluarga, sudah pasti rumah merupakan tempat bagi keluarga untuk berlindung, beraktivitas, dan bersosialisasi.Memang, saat terdesak membutuhkan tempat tinggal, Anda bisa menyewa atau mengontrak rumah. Namun, cara ini bersifat sementara. Toh tidak selamanya Anda tinggal di rumah kontrakan bukan! Seiring dengan kian meningkatnya biaya dan gaya hidup, mengontrak rumah jauh lebih boros ketimbang membeli atau memiliki rumah sendiri. Apalagi jika dibandingkan dengan membeli rumah secara kredit atau mencicil, maka biaya kontrakan terasa menjadi beban. Saat jatuh tempo, rumah kreditan bisa menjadi milik kita, namun rumah kontrakan tak akan menjadi milik Anda kecuali bila Anda membelinya. Namun, membeli rumah memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika kita bicara tentang dana atau modal yang ada. Nah, mengapa Anda tak membeli rumah seken saja. Tapi ingat, meski hanya rumah seken, namun tetap harus diiringi dengan berbagai pertimbangan seperti lokasi, keadaan lingkungan, harga maupun kontruksi rumah. Berikut daftar yang harus Anda perhatikan saat akan membeli rumah seken:
Ada Bangunan Rumah baru umumnya masih bersifat inden.
Pengembang baru akan mendirikan bangunan setelah ada pemasaran. Sementara rumah seken dapat kita lihat langsung bentuknya. Jadi, Anda bisa mengetahui kualitas fisik bangunan sebelum membelinya.
Lingkungan Sosial
Selain kualitas fisik bangunan, Anda juga harus memperhatikan situasi dan kondisi atau keadaan lingkungan dari rumah yang akan Anda beli. Jika dirasa terlalu ramai atau sebaliknya terlampau jauh dari pusat kota dan miskin fasilitas sosial, sebaiknya Anda tinggalkan.
Harga Nego
Prinsip ekonomi harus Anda gunakan. Anda bisa mendapatkan rumah idaman dengan harga perdamaian. Tinggal bagaimana usaha Anda melakukan negosiasi dengan si penjual.
Langsung Pindah
Jika Anda jeli, Anda akan mendapatkan rumah seken yang siap ditempati. Jadi tak perlu renovasi sebab segala ruang yang Anda butuhkan sudah ada pada rumah tersebut.
Nah, selamat berburu rumah seken berkualitas

Tidak ada komentar: