:

Jumat, 28 November 2008

Mencari Tempat Kursus yang Tepat

Banyak sekali harapan dan keinginan orang tua terhadap anaknya, khususnya dalam soal pendidikan, termasuk pendidikan tambahan untuk keterampilan dan seni.
Selama ini, banyak sekali tempat kursus yang menawarkan berbagai program kursus yang menarik. Inilah yang kadang membuat orang tua kebingungan, mana yang akan dipilih duluan?
Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu perhatikan sebelum memilih tempat kursus untuk si buah hati:

Perhatikan Kualitas

Cari tempat kursus jangan asal murah! Selain pertimbangan biaya, pertimbangkan juga kualitasnya yang akan menentukan pula bagaimana kemampuan si anak kelak terhadap materi yang diajarkan kepadanya. Perhatikan kualitas lulusan atau mantan siswa yang pernah belajar di sana. Lihat kemampuan staf pengajarnya. Apakah memiliki cukup pengetahuan dan pengalaman di bidangnya? Simak metode yang ditawarkan.

Cek Lokasi

Lokasi cukup penting karena bisa berpengaruh banyak terhadap biaya transportasi yang akan Anda keluarkan untuk si buah hati. Jika lokasinya cukup jauh dari rumah, maka biaya transportasi yang dikeluarkan akan cukup besar, selain ada risiko anak juga akan mengalami kelelahan di perjalanan yang ujung-ujungnya bisa berpengaruh juga kepada penguasaan materinya.

Lihat Lingkungan

Lingkungan tempat kursus biasanya akan berbeda dengan lingkungan sekolah karena teman-temannya juga akan berbeda, sehingga sangat penting memang untuk memperhatikan lingkungan tempat les yang akan dimasuki anak. Lingkungan belajar yang baik, akan memberikan manfaat yang baik pula bagi anak Anda. Jika lingkungan tempat kursus anak Anda berisi anak-anak yang sering jajan, maka ada kecenderungan anak Anda juga akan mengikutinya.

Biarkan Si Buah Hati Memilih

Ajak buah hati Anda untuk ikut mengecek tempat-tempat kursus tersebut. Sesekali tanyakan padanya apakah ia cocok dengan tempat kursus tersebut. Tanyakan juga padanya apakah ia nyaman dengan lingkungannya. Pastikan juga bahwa ia tidak merasa terpaksa mengikuti kursus tersebut.

Nah, mudah-mudahan, dengan tips-tips tersebut, uang yang Anda keluarkan untuk membayar biaya kursus jadi lebih berguna dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh si buah hati.

Tidak ada komentar: