:

Jumat, 28 November 2008

Tata letak kamar

Pengaruhi Kecerdasan dan Kreatifitas Anak
Setiap orangtua selalu ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Ilmu fengshui yang berpedoman pada keseimbangan alam, dapat menjadi salah satu rujukan. Fengshui yang berasal dari kata Feng yang berarti angin dan Shui atau air, adalah ilmu tata letak kuno dari Cina yang dikenal sejak 4000 tahun lalu.
Saat ini di banyak negara fengshui menjadi salah satu aturan dalam ilmu arsitektur atau rancang desain, dikaitkan dengan psikologi penghuni rumah, sehingga selaras dengan alam sekitarnya. Anak termasuk penghuni rumah, karena itu dalam merancang suatu tempat, khususnya ruangan dimana anak kerap berada, penting mempertimbangkan kondisi psikologis anak agar selaras dengan lingkungan. Nah, dalam fengshui setiap anak memiliki karakter tersendiri, mereka dikelompokkan berdasarkan shio, yang diatur berdasarkan faktor langit dan bulan saat anak lahir.
Secara detail, demi kemajuan dan kesejahteraan anak, fengshui juga mengatur bagaimana memperlakukan anak, mulai penempatan ruang tidur, posisi tidur, dekorasi kamar, dan lain-lain, Patokan dalam mengatur selalu dilihat dari tahun kelahiran anak serta jenis kelamin. Di bawah ini beberapa contoh aturan fengshui bagi anak:

Letak atau Posisi Tidur
Letak atau posisi tidur anak sebaiknya disesuaikan dengan shionya agar ia tidak rewel, tidur lebih enak, nyaman dan berkualitas. Bila kondisi ini dipertahankan dapat meningkatkan kreatifitas dan kecerdasan anak. Posisi tidur anak laki-laki dibedakan dengan anak perempuan karena karakter dan kondisi psikologis mereka berbeda. Anak lelaki bershio kuda misalnya, sebaiknya tidur menghadap arah barat laut, sedang anak perempuan bershio kuda ke barat daya. Jika tempat tidur anak berbentuk tingkat, letakkan dekat jendela. Jangan biarkan anak tidur di lantai karena yin chi, energi dari dalam lantai, akan memasuki tubuhnya dan menyebabkan mudah sakit. Letak kamar anak tidak disarankan berada di depan kamar tidur orangtuanya. Aliran udara atau chi dari kamar orangtua akan bentrok dengan udara dari kamar anak. Ini menimbulkan pertentangan antara anak dengan orangtua, dan menjadikan anak kurang hormat pada orangtua. Secara riil, privasi orangtua juga kurang terjaga. Letak pintu kamar anak sebaiknya tidak berhadapan dengan posisi tempat tidur anak. Hadapkan pintu pada arah yang sesuai dengan tahun kelahiran anak. Selain itu, sebaiknya pintu kamar anak tidak berhadapan langsung dengan kamar orangtua.

Warna atau Cat Kamar Tidur
Sesuaikan warna cat dinding kamar anak dengan shio-nya agar selaras dengan karakter anak. Jika anak bershio naga, tikus, atau macan, yang berkarakter kuat dan keras dianjurkan menggunakan cat dinding kamar warna kuat dan cerah seperti merah, kuning, ungu. Anak bershio kuda, kambing, monyet, anjing, babi dan kelinci sebaiknya memilih warna lembut seperti putih, pink, atau hijau pupus. Anak shio ular dapat menggunakan warna kombinasi. Sedang anak bershio ayam cocok dengan segala warna.

Letak Meja Belajar
Bila anak sudah sekolah, letakkan meja belajar menurut arah yang dianjurkan. Jangan membelakangi pintu karena mengganggu konsentasi. Letakan rak buku di punggung anak karena melambangkan ilmu pengetahuan mendukung hidupnya.

Jauhkan Cermin
Jangan meletakkan cermin berhadapan langsung dengan posisi tidur anak. Cermin bersifat menyerap dan memantulkan. Sedang fisik anak masih lemah. Dengan tidur "bercermin" kekuatannya akan terserap cermin, sehingga membuat mereka semakin lemah.



Benda Di Kamar Anak
Ada beberapa benda yang boleh berada di kamar anak, antara lain: jam dinding dengan bandul bergerak ke kiri kanan, karena dapat menangkal sha chi atau pengaruh buruk. Gambar ular naga dan burung phoenix juga cocok ditaruh di kamar anak karena dua binatang ini bersifat melengkapi satu sama lain. Memelihara kura-kura atau ikan mas hitam di akuarium di kamar anak akan membuat anak panjang umur dan makmur, sementara ikan mas hitam melambangkan kekayaan. Jumlah hewan-hewan tersebut sebaiknya delapan, sebagai angka pembawa keberuntungan. Taruh pisau tajam di kolong tempat tidur karena roh halus dipercaya takut benda tajam. Jika ingin menyimpan kotak mainan di kolong tempat tidur, pastikan mainan dan kotaknya selalu bersih.

Rumah Bersih dan Nyaman Ciptakan rumah yang tak saja enak ditempati tapi juga dapat membuat anak betah dan tidak suka keluar rumah atau keluyuran. Rumah harus bersih, tidak panas, sirkulasi udara baik, dan memiliki cukup ruang untuk anak bermain dan bergerak. Menurut fengshui, rumah tempat terbaik dan teraman bagi tumbuhkembang anak. Bila anak sejak kecil tidak menyukai rumahnya, bukan tak mungkin ia akan terbiasa hidup di jalan

Tidak ada komentar: