:

Senin, 15 Desember 2008

Belanja Hemat dan Smart itu Perlu

Kondisi ekonomi yang tak menentu, mau tak mau membuat Anda harus melakukan aksi mengencangkan ikat pinggang! Mulai sekarang, demi niat untuk berhemat, periksa kembali kebiasaan Anda dalam mengonsumsi barang:

Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Batasi penggunaan kartu kredit dan usahakan untuk membayar lunas setiap tagihan. Pembayaran minimum payment-nya saja, hanya akan membuat Anda membayar tagihan bunga yang tidak sedikit. Selain itu, usahakan untuk 'setia' pada satu macam kartu kredit saja.

Jadwalkan Kegiatan Berbelanja

Belilah hal-hal yang perlu saja. Hal ini merupakan poin penting untuk kegiatan berhemat Anda. Untuk urusan belanja, selalu beli barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan. Selalu buat daftar barang-barang keperluan Anda, terutama untuk belanja barang-barang bulanan.

Cari Diskon

Nggak perlu malu mencari barang kebutuhan yang didiskon. Membeli busana di outlet-outlet factory outlet (FO) juga menjadi alternatif tempat di masa paceklik seperti ini. Pantau informasi diskon, terutama bagi merek-merek kesayangan Anda, agar mendapatkan produk berkualitas dengan harga lebih murah.

Cermat Berbelanja

Cermatlah dalam berbelanja, termasuk membeli barang-barang yang sebenarnya memiliki fungsi sama. Misalnya, daripada membeli produk detergen, lalu pewangi pakaian, lalu pelembut pakaian ketika disetrika, lebih baik Anda cukup membeli detergen wangi saja. Bila perlu, ganti detergen Anda dengan satu jenis detergen yang bisa mencakup fungsi di atas. Dan usahakan untuk membeli barang-barang yang dijual dalam kemasan refill (isi ulang) sehingga Anda tidak perlu membayar untuk kemasan.

Nah, mudah-mudahan dengan sedikit kiat berhemat dan belanja dengan smart, kehidupan perekonomian Anda dan keluarga menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Tidak ada komentar: