:

Rabu, 25 Februari 2009

Menata Ruang Belajar Anak

“Bosan Ah…!” Nah, sebagai orangtua, tentu Anda pernah mendengar buah hati Anda mengeluh seperti di atas, saat dianjurkan untuk belajar di rumah.
Rasa bosan untuk belajar bisa jadi menyergap si kecil, mengingat sudah setengah hari dia berada dan belajar di sekolah. Nah, agar buah hati Anda tak malas untuk mengulang pelajaran di rumah, ada baiknya Anda meluangkan waktu melongok ruang belajarnya.
Lihatlah ruang belajar si kecil. Adakah yang harus diubah dan ditata kembali agar buah hati Anda lebih nyaman dan betah berlama-lama di ruang belajar itu. Jika Anda ingin membuat perubahan, silahkan simak tips berikut:

Pilih Furnitur Anak
Gunakan furniture anak untuk ruang belajar si kecil. Cari furnitur dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran ruang. Juga perhatikan layoutnya dengan furnitur lain. Jangan sampai peletakan furnitur menyebabkan ruangan menjadi sempit, sehingga tidak nyaman.

Harga Belakangan
Jangan tergoda dengan harga yang murah. Pilih furnitur dengan kualitas baik agar tahan lama.

Perhatikan Tata Letak
Sebaiknya meja belajar diletakkan di dekat jendela atau tempat yang cukup mendapatkan sinar matahari langsung, agar tidak perlu penerangan lampu pada siang hari. Lampu belajar sebaiknya ditempatkan di mana cahaya lampu langsung mengenai objek, sehingga objek akan terlihat jelas dan mata tidak cepat lelah.

Sesuaikan dengan Kondisi Anak
Jika anak kidal, sebaiknya lampu belajar diletakkan di sebelah kanan.
Pilih meja belajar dengan ukuran dan ketinggian yang sesuai dengan ukuran fisik anak. Kalau perlu pilih kursi yang adjustable, dapat diatur ketinggiannya sehingga nyaman.

Desain Menarik
Pilih desain yang menarik ( baik dari segi bentuk maupun warna ). Biasanya anak-anak suka dengan bentuk lucu dan warna meriah.

Nah, selamat menata ruang belajar anak!

Tidak ada komentar: