:

Selasa, 28 April 2009

Memotivasi Si Kecil untuk Belajar


Sebagai orangtua, sudah pasti Anda pernah merasa kesal saat si buah hati malas belajar. Bahkan, sering kali tanpa disadari kita memaksa dan terkadang menggunakan ancaman agar anak belajar. Sebenarnya, bagaimana cara yang bisa diandalkan agar anak lebih termotivasi untuk belajar dan bisa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dari sekolah? Simak tips berikut
Biarkan Anak Mandiri


Biarkan anak mandiri. Jangan membantu anak mengerjakan tugas sekolah tanpa memberikan penjelasan atau arahan dalam mengerjakan pekerjaan rumah.

Atur Jadwal Belajar

Jika menyangkut dengan kesenangan atau hobby anak, seperti bermain playstation, nintendo, bahkan game online maka anak akan cenderung fokus dengan permainan tersebut, dan tidak sedikit anak sering kali lupa akan belajar. Jadi, Anda harus tegas mengatur jadwal belajar dan bermain anak.

Nyaman Belajar

Buatlah anak merasa nyaman dan senang saat belajar. Bimbing anak dalam belajar, dengan memberikan arahan tanpa memberikan hasil jawaban.
Kombinasikan dalam mengerjakan tugas dengan permainan atau hiburan, dalam hal ini Anda bisa menggunakan media visual atau penglihatan dalam memberikan arahan.

Istirahat

Saat belajar di rumah pun anak butuh waktu jeda atau istirahat. Itu perlu dilakukan agar anak tidak mengalami kejenuhan. Sebab, bila sudah jenuh anak akan malas belajar.

Metoda Dongeng

Gunakan metoda mendongeng sebagai proses belajar anak. Ternyata ini lebih mudah dicerna oleh anak. Selain itu, melalui dongeng imajinasi anak juga akan berkembang dengan baik.

Ada baiknya dalam menerapkan tips di atas, Anda menentukan waktu yang tepat, sehingga anak-anak juga tidak merasa kehilangan kesenangan atau hobinya. Nah, tidak sulit kan memotivasi anak untuk belajar!

Tidak ada komentar: