:

Selasa, 28 April 2009

Stress, Jangan Menghukum Diri Sendiri..!


Terkadang stress bukan datang dari faktor luar, tapi dari dalam diri sendiri. Biasanya itu terjadi saat Anda melakukan sebuah kesalahan dan terus menerus merasa bersalah hingga merasa ketakutan.

Jadi, ketidakmampuan kita untuk memaafkan diri sendirilah yang bisa menimbulkan stress. Sebenarnya, sekalipun kita merasa bersalah, tidak perlu terus-menerus menghukum diri sendiri.
Seorang psikolog Amerika, Dr. Phil McGraw, mengatakan bahwa kita punya pilihan, menjadi orang yang menyedihkan karena memikirkan rasa bersalah terus-menerus, atau mengijinkan diri sendiri untuk sembuh dan mencoba menjadi pribadi yang lebih baik.
Nah, berikut beberapa cara yang bisa diikuti untuk berdamai dengan diri sendiri:

Buka Hati dan Pikiran

Saat sedang dihadapkan pada suatu pengalaman pahit, cobalah buka diri kita kembali dengan melihat apa yang sebenarnya terjadi dan yang kita alami.

Cintai Diri Anda

Satu cara ampuh untuk menghindari rasa bersalah berkepanjangan adalah penyangkalan. Jika Anda terus membenci diri sendiri dan tidak bisa mencintai diri sendiri, maka Anda tidak akan bisa menyembuhkan diri sendiri.

Siapa Takut

Jangan terus menyalahkan diri sendiri. Hadapi rasa bersalah dengan memahami setiap konsekuensi dari apa yang telah kita lakukan.

Menyembuhkan Diri Sendiri

Menghukum diri terus-menerus bukan jalan keluar yang baik dan benar dan itu juga tidak akan mengubah kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Berteman Yuk!

Jika diri kita tidak sanggup memaafkan diri sendiri, berarti selama ini kita hanya mengharapkan sesuatu yang tidak nyata. Tak ada salahnya bila kita membina hubungan baru dengan diri sendiri.

Tidak ada komentar: