:

Senin, 01 Juni 2009

PT KAI Commuter Jabodetabek


Siap Melayani Warga Bekasi

Warga Bekasi dan sekitarnya kini kian mudah saja untuk bepergian ke luar komunitas. Pada Selasa (19/5) lalu, Menteri Perhubungan Jusman Syafii Jamal dan Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil, Selasa (19/5), di Jakarta, meresmikan beroperasinya PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter Jabodetabek, sebagai anak perusahaan PT Kereta Api (persero). Beroperasinya KAI Commuter bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kereta api Jabodetabek saat ini

Menurut Jusman, kereta api commuter nantinya diharapkan menjadi pilihan utama transportasi masyarakat yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depo, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Hal itu dikarenakan beberapa perbaikan dari mulai fasilitas kereta hingga sarana dan prasarana perkeretaapian khususnya yang menyangkut keselamatan, keamanan, dan ketepatan waktu akan menjadi perhatian utama PT KAI Commuter.
“Kedepannya kita mengharapkan tidak akan menemui lagi, stasiun yang kumuh, kereta api yang tidak terawat, dan meminimalisir kejahatan baik di dalam kereta maupun di lingkungan stasiun,” ujarnya
Jusman menambahkan, pemisahan operasi manajemen kereta api Jabodetabek dari divisi menjadi perseroan terbatas (PT) merupakan salah satu wujud reformasi di tubuh BUMN dengan melakukan restrukturisasi sesuai Undang Undang (UU) No.23 Tahun 2007.
Sementara itu, Direktur Utama PT KAI Commuter, Kurniadi, menyampaikan program-program yang akan dilaksanakan hingga 2013, antara lain secara bertahap akan membeli Kereta Listrik (KRL) AC untuk menggantikan seluruh KRL ekonomi yang sudah tidak layak lagi dipergunakan.

E- Ticketing

KAI Commuter, kata Kurniadi, juga akan menerapkan program tiket elektronik (E- Ticketing), yang bertujuan untuk menertibkan penumpang yang tidak membayar (free rider), dan ditargetkan akhir 2009 mulai diterapkan pelaksanaannya. “Dalam melaksanakan program E-Ticketing ini Commuter bekerjasama dengan Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BCA, dan Bank DKI,” katanya dalam laporan pembukaan.
Menurut Kurniadi, dalam mendukung program E- Ticketing, KAI Commuter juga akan merenovasi dan sterilisasi stasiun, yang diikuti dengan perbaikan akses ke stasiun, sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik.
Di samping itu, lanjut Kurniadi, untuk merespon keluhan masyarakat tentang sulitnya mendapatkan informasi mengenai perjalanan kereta api, KAI Commuter mulai mengembangkan fasilitas layanan seperti C-Care, C-Track, C-Point, dan C-Web.
Nah, dengan kehadiran kereta api commuter, tentu saja akan menambah kenyamanan warga Bekasi dan sekitarnya dalam bertransportasi.


Tidak ada komentar: