:

Kamis, 02 Juli 2009

Mekarsari Bekali Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Miss Indonesia


Tak seperti biasanya, Taman Buah Mekarsari, ramai dikunjungi gadis-gadis cantik. Ya, dara-dara cantik itu adalah para finalis Miss Indonesia 2009 yang kian disibukkan dengan jadwal yang padat dalam masa karantina yang mereka jalani sejak 24 Mei lalu, khususnya dalam hal pembekalan materi pengetahuan dan wawasan umum jelang Grand Final Miss Indonesia 2009 yang sedianya digelar pada tanggal 5 Juni mendatang. Nah, kunjungan edukasi ke Taman Buah Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Senin (1/5) lalu, adalah salah satu rangkaian agendanya.
Taman Wisata Mekarsari selaku taman dengan koleksi buah tropis terbesar di dunia dan memiliki banyak ahli di bidang keanekaragaman hayati (Plasma nutfah), merasa perlu ikut ambil bagian dalam pemberian materi pengetahuan khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan alam bagi 33 finalis Miss Indonesia.
Menurut General Manager Taman Wisata Mekarsari, Hari Tanjung, SIK., MM, dalam kunjungan edukasi ini, para finalis Miss Indonesia diberikan penjelasan tentang keanekaragaman tanaman dan buah-buahan, baik yang ada di bumi nusantara maupun yang ada di mancanegara.
“Kita merasa berkewajiban membekali ilmu kepada mereka, sehingga mereka siap jadi duta-duta daerah, bahkan duta bangsa yang nantinya mampu mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional,” ujar Hari dalam sambutannya.
Hari mengatakan, wawasan tentang ilmu pengetahuan alam juga diperlukan bagi ke-33 finalis Miss Indonesia, karena sebagai duta bangsa mereka diharapkan paham dalam menanggapi isu-isu lingkungan yang saat ini tengah terjadi di seluruh belahan dunia seperti isu pemanasan global (global warming).
Sementara itu, Humas panitia Miss Indonesia Puji Pramono mengatakan, rangkaian acara ini juga menjadi salah satu tahap penilaian juri bagi ke-33 finalis sebelum mereka tampil di malam puncak Miss Indonesia 2009 yang bakal digelar di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta. “Segala aktivitas mereka dalam masa karantina ini, akan selalu menjadi bahan penilaian bagi juri,” ujarnya.
Dalam kunjungan edukasi ke Taman Wisata Mekarsari, secara simbolis beberapa finalis Miss Indonesia juga turut serta melakukan penanaman bibit tanaman dan buah-buahan di halaman Laboratorium Biosari, sebagai wujud nyata kepedulian mereka terhadap lingkungan alam.
“Kegitan ini penting bagi kami, karena potensi alam di negeri kita ternyata sangat kaya sehingga hal ini menjadi masukan yang sangat berharga bagi kami,” ujar Giztie Mardini, finalis Miss Indonesia asal Lampung.
Di penghujung acara, pihak Taman Wisata Mekarsari pun memberikan kesempatan bagi para finalis Miss Indonesia untuk berinteraksi langsung dengan para ahli praktik tanaman seperti membuat Tambulapot (membuat tanaman di dalam pot), mencangkok, stek, menyambung, dan pembuatan vertikultur.
“Diharapkan, melalui acara yang singkat namun padat ini, para finalis dapat mengambil manfaatnya dan kegiatan ini dapat dijadikan agenda tetap tahunan bagi para finalis Miss Indonesia selanjutnya,” ungkap Humas Taman Wisata Mekarsari Chaterina W. Day.


Tidak ada komentar: