:

Jumat, 28 November 2008

Mensiasasti Tata Ruang Rumah Mungil Agar Terasa Lapang dan Nyaman
Rumah mungil? Mengapa tidak! Rumah boleh kecil atau mungil, namun jika ditata dengan cermat dan tepat, rumah mungil Anda akan terasa lapang dan nyaman ditempati.
Rumah kecil yang tertata rapi dan penuh dengan perhitungan serta proporsional dalam pengaturannya, akan terasa sangat menyenangkan dan luas. Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar rumah Anda yang mungil bisa terasa lapang dan menyenangkan serta nyaman:

1. Jangan menempatkan sofa pada ruang tamu Anda. Gunakan kursi kayu, selain lebih mudah dipindahkan juga lebih rapih dan simple. Penggunaan bahan kayu akan menampilkan kesan yang unik. Untuk mengatasi kerasnya struktur kayu, gunakan bantal kecil sebagai sandaran. Gunakan pula jendela yang memanjang pada ruang tamu, dengan perpaduan korden yang sesuai akan menimbulkan kesan lebih nyaman.
2. Gunakan pintu treil (gaya Jepang) sehingga tidak memakan banyak ruang ketika dibuka dan ditutup.
3. Pilih lemari yang memanjang ke atas, tidak melebar, sehingga terkesan lebih rapi, dan tidak penuh.
4. Dalam memilih perabot, usahakan memilih perabot yang multi fungsi, selain tidak memakan tempat juga menekan pengeluaran pembelian perabot. Misalnya, meja tamu yang memiliki laci, bisa di fungsikan sebagai tempat penyimpanan mainan anak.
5. Letakkan buku pada lemari tempel pada dinding, selain lebih rapi juga lebih praktis saat Anda membutuhkannya.
6. Jangan terlalu banyak menggunakan sekat pembatas yang permanen, jika Anda menginginkan sekat pembatas bisa menggunakan korden yang digantung dari atas, pembedaaan warna lantai, lemari pajangan, atau bisa juga menggunakan rotan anyaman. Sekat yang tidak permanen memungkinkan Anda memiliki ruang yang luas saat diperlukan, misalnya pada saat pertemuan keluarga.
7. Gunakan perabot yang mudah dilipat, misalnya kasur lipat untuk tamu, meja seterika, atau kursi tambahan.
8. Untuk ruang tidur anak, gunakan tempat tidur susun, jangan yang dibuka (ditarik) kesamping.
9. Gabung ruang makan dengan dapur.
Selain meletakan perabot dengan tepat, Anda juga bisa mensiasati rumah mungil agar terasa lapang dengan menggunakan cat bergradasi, seperti biru dan biru muda, krem dengan coklat dan sebagainya. Jangan lupa, beri cahaya ruangan sesuai dengan luas rumah, jangan terlalu redup maupun terang. Gunakan genteng bening (kaca) yang akan memberikan sinar cukup dalam ruangan Anda.Nah, rumah memang tidak harus besar, yang terpenting harus nyaman. Dan kenyamanan itu tergantung dari kepintaran kita dalam mensiasatinya.

Tidak ada komentar: