:

Rabu, 25 Februari 2009

Sekolah Alam Natur Islam


Bila Anda bertandang ke Sekolah Alam Natur Islam, Anda tak akan menjumpai pemandangan yang biasa kita temukan pada sekolah kebanyakan. Sekolah lain lebih menekankan pola belajar di dalam ruang berdinding batu yang berkesan dingin, sementara Sekolah Alam Natur Islam memiliki suasana yang hangat dengan halaman luas dan hijau, serta fasilitas belajar yang alami.
Memberikan pendidikan untuk jenjang Kelompok Bermain, TK A dan TK B, serta Sekolah Dasar, sekolah ini memiliki beragam fasilitas, antara lain, Sawung bambu (yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah kelas), bangunan permanen untuk perpustakaan dan ruang komputer, buku-buku perpustakaan yang jumlahnya lebih dari seribu judul dari dalam dan luar negeri untuk para murid, buku-buku sumber bagi para guru agar dapat terus mengembangkan kualitas diri dan kemampuan mengajar, 2 ekor kuda untuk pelajaran berkuda, komputer dan internet untuk pengajaran IT, peralatan audio visual untuk membantu proses pembelajaran murid, asuransi kecelakaan bagi murid, perlengkapan laboratorium dan sains, green house, playground pre school dan SD, instalasi outbound, kebun, alat-alat olahraga, kolam ikan, lapangan parkir yang luas dan aman, lapangan basket dan futsal, musholla, dan sebagainya.
Sekolah ini memang mengusung slogan “Membimbing siswa menjadi muslim unggulan dengan Islam dan alam”. Berlokasi di kawasan Jatirasa-Jatiasih, Bekasi, dalam memberikan ilmu bagi siswanya, sekolah ini memang berfokus pada ilmu agama Islam dan pendekatan pada alam.
Dalam proses belajar mengajar, Sekolah Alam Natur Islam menggunakan kurikulum pelajaran yang bersifat holistic dan tematik. Kurikulum Diknas digunakan sebagai dasar dengan pengembangan oleh sekolah, baik dalam hal isi maupun cara penyampaian, serta dengan metoda pengajaran yang aplikatif dan sangat bervariasi, diantaranya menggunakan alam dan berbagai media. Bagi Sekolah Alam Natur Islam, siswa akan lebih mudah menyerap ilmu dengan mempelajari hal-hal yang esensial secara mendalam dan bukan dengan menjejali anak dengan berbagai informasi tapi hanya superficial.
Tak hanya itu, Sekolah Alam Natur Islam juga memberikan muatan lokal dalam pengajarannya, seperti pendidikan Al Islam dan Ulumul Qur’an, olahraga (keterampilan fisik dasar, outbound, berkuda, memanah, olahraga prestasi), serta bahasa Arab dan Inggris, berkebun dan wirausaha. Siswa juga bisa mengembangkan potensi yang mereka miliki melalui kegiatan ekstra kurikuler yang ada di sekolah ini seperti Teater, Pencak Silat, Basket, Futsal, Renang

Tidak ada komentar: