:

Rabu, 25 Februari 2009

sekolah alam terpadu bambu item


Kedepankan Pendidikan yang bersandar pada Alam untuk Mewujudkan Manusia Berakhlak Mulia, Berkarakter dan Mandiri

Menyiapkan manusia dalam menjalankan misi sebagai pemimpin, merupakan tujuan sejati pendidikan. Kita tidak ingin anak-anak kita kelak menjadi ‘homo economicus’ yang hidup dengan mengeksploitasi alam untuk jangka pendek tanpa memperhatikan keberlangsungannya. Untuk itu pembentukan karakter anak yang berani, mandiri dan cinta terhadap lingkungannya harus ditekankan dalam pendidikan terhadap anak.

Kehadiran Sekolah Alam diharapkan mampu mengembalikan fungsi pendidikan sesuai kaidah dan norma Agama. Sebab, anak manusia untuk menjadi pemimpin di muka bumi (Khalifatullah fil ardh) harus memberikan rahmat, rasa damai dan nyaman untuk Alam Semesta.
Keyakinan pada firman-firman Allah SWT untuk memahami proses penciptaan dan kejadian Alam Semesta telah melahirkan berbagai macam temuan & ilmu pengetahuan. Alam Semesta mampu mengajarkan ilmu pengetahuan secara Komprehensif, Holistic & Aplikatif.
Itulah yang dilakukan sekolahalam terpadu bambu item. Berlokasi di Kampung Bambu Item, Kelurahan Bojong Kulur (belakang kantor Desa Bojong Kulur), telepon 021-9827 9067, 021-9873 7667, sekolah yang memiliki jenjang pendidikan TK A, TK B, dan SD ini mengembangkan metoda pendidikan yang terbaik yang bersandarkan pada Alam Semesta dalam rangka mewujudkan manusia yang berakhlak baik, berpengetahuan, berkarakter, mandiri untuk kesejahteraan kepada bumi dan umat manusia serta kelanjutan Alam Semesta ini.
Para siswa dan siswi di sekolah ini belajar di dalam gedung sekolah yang menyatu dengan alam dan berbentuk rumah panggung dari kayu. Angin yang berhembus sepoi-sepoi adalah “AC alam” bagi para siswanya.
Tenaga pengajar/fasilitator sekolahalam terpadu bambu item adalah guru-guru yang berpengalaman, berkualitas secara akhlak & intelektual, dan lulusan S1 serta dibina oleh Ir Lendo Novo ‘Pendiri dan Konseptor sekolahalam’ dan tim konsultan.
Kurikulum yang digunakan sekolahalam terpadu bambu item mengacu pada standar kompetensi yang ditetapkan Depdiknas, dan dikembangkan sehingga bersifat Tematik melalui metode belajar ‘Spider Web’.
Di sekolah ini, Alam Semesta merupakan media & obyek belajar dalam rangka pembentukan logika & karakter anak. Kegiatan belajar pun berbasis Eksperimen yang diintegrasikan melalui metode Action Learning dan Pengalaman Empirik. Selain itu ada pula metode Teladan, yaitu guru mencontohkan akhlak secara nyata, implementasi dan pengembangan Emotional Quotient (EQ) & Spiritual Quotient (SQ).
Siswa dan siswi di sekolahalam terpadu bambu item juga memiliki banyak kegiatan serta fasilitas luar sekolah antara lain, Green house, Sarana Outbound, Kebun Buah Pengamatan, Areal Hutan, Farming Area (peternakan, kolam), Perpustakaan, Lab. Komputer, Bengkel Musik-Kreatif, Pembelajaran Bisnis dengan Halal untuk melatih kemandirian, dan sebagainya.

Tidak ada komentar: