:

Rabu, 25 Februari 2009

TK dan KB di Bekasi dan Sekitarnya

Membentuk Karakter Anak Sejak Usia Emas

Orangtua adalah guru pertama bagi anak-anaknya. Namun, saat orangtua tak lagi memiliki kesempatan serta waktu yang memadai, maka sekolah atau lembaga pendidikan berperan penting dalam membantu perkembangan pendidikan seorang anak.
Fungsi dasar pendidikan adalah membentuk karakter seseorang hingga mampu mengenali dirinya serta lingkungannya dan dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan baik.

Karakter seseorang akan lebih baik bila dibentuk sejak usia dini atau usia balita yang biasa disebut sebagai usia emas (golden age), dan merupakan masa kritis bagi pembentukan karakter seseorang.
Bila terjadi kegagalan penanaman karakter pada masa emas, bukannya tidak mungkin akan membentuk pribadi yang bermasalah di masa depannya kelak!
Sesungguhnya, keberhasilan seseorang di masyarakat ditentukan 80% oleh kecerdasan emosi dan 20% oleh kecerdasan intelektual dan lainnya. Jadi, orang yang mempunyai kecerdasan emosi tinggi adalah orang yang berkarakter baik. Itulah arah pembelajaran di masa-masa emas ditujukan.
Taman Kanak-kanak (TK) bahkan Kelompok Bermain (KB) merupakan salah satu upaya dalam membentuk karakter anak agar terbentuk dengan baik, memiliki etos kerja yang baik pula, suka bekerja keras dan bertanggungjawab.
Sebagai kawasan hunian, Bekasi memiliki banyak lembaga pendidikan jenjang TK maupun KB. Semuanya memberikan pendidikan dasar yang menyeimbangkan segenap aspek pada diri anak, termasuk masalah kognitif dan karakter.
Secara umum, TK maupun KB di Bekasi menggunakan metode pembelajaran siswa belajar aktif dengan menggunakan kurikulum yang mencakup pengembangan seluruh dimensi perkembangan anak baik secara fisik, emosi, sosial dan spiritual dan kognitif dengan cara terintegrasi dan terpadu.
Tak hanya itu, TK dan KB di Bekasi juga kaya dengan berbagai fasilitas penunjang agar anak dapat berimajinasi, berkreasi, seni, olahraga, dan sebagainya.
Hebatnya lagi, beberapa TK di Bekasi juga memberikan pendidikan untuk persiapan baca tulis, komputer, beternak, berkebun dan sebagainya. Wah, komplit sekali ya! Nah, menjelang tahun ajaran baru, akan lebih baik jika Anda lebih dahulu membaca liputan khusus AdInfo tentang TK dan KB di Bekasi dan sekitarnya. Selamat membaca!

Tidak ada komentar: