:

Selasa, 28 April 2009

Sekolah Islam AL-ALAQ


Mencetak Generasi Muslim Mendatang yang Cerdas-Well Balance dan Ahlakul Kharimah

Sekolah Islam Al’Alaq hadir di tengah kemajemukan konsep pendidikan yang ditawarkan beberapa sekolah sejenis yang berada di wilayah Jatibening – Cikunir dan sekitarnya. Sesuai dengan visi dan misinya untuk menjadi lembaga pendidikan Islam yang unggul, berkembang selaras dengan kemajuan teknologi, dan membantu mengembangkan potensi kecerdasan IQ-EQ-SQ dan AQ untuk menjadi generasi muslim mendatang yang cerdas-well balance dan ahlakul kharimah.

Dalam pengaplikasiannya Sekolah Islam Al’Alaq menerapkan kurikulum pembelajaran yang disebut dengan ‘8 subject specifications’ yaitu 8 mata pelajaran pokok yang disampaikan dalam bahasa Inggris, khusus untuk pelajaran Agama Islam atau pemahaman konsep dasar pembelajaran, materi disampaikan dalam bahasa Indonesia, hal ini untuk menghindari pemahaman yang keliru.
Sekolah Islam Al’Alaq menawarkan sesuatu yang berbeda dari sekolah yang sudah ada, kalimat ini terbaca jelas di setiap spanduk yang terpasang di sekitar Jl. Ratna Jatikramat, Jatiasih, Bekasi, dan perbedaannya nyata terlihat dari konsep kelas yang di disain modern menggunakan perangkat teknologi multimedia, furniture mewah, CCTV, aplikasi e-learning, belajar dengan stimulasi musik dan pembelajaran yang sangat personal (personal up-closed teaching technics).
Ditunjang dengan kultur sekolah ‘my school is my home’ yang terasa hangat, kekeluargaan dan penuh cinta kasih, dengan metode belajar Quantum Learning, Quantum Teaching dan Active Learning yang proses belajarnya lebih ditekankan pada diskusi-presentasi, dimana siswa juga diajarkan ilmu keterampilan hidup dan manajemen diri, latihan kepemimpinan, finger math, mind mapping dan ilmu-ilmu praktis lainnya diharapkan akan terbentuk ‘Al’Alaq Value’ yaitu ‘inquirers-knowledgeable – caring - well balanced - risk taker - principled - open minded and reflective’ yang akan sangat membantu mereka menjadi individu yang mandiri, cakap terampil dan penuh percaya diri.
Sekolah Islam Al’Alaq untuk level elementary adalah alternatif pilihan bagi anak dan orang tua yang menginginkan sekolah yang: berlandaskan agama islam, mengajarkan norma kehidupan-kasih sayang dan toleransi, pembentukan karakter, tidak terbebani oleh tugas dan PR sekolah, memberi ruang bagi anak untuk menikmati masa kanak-kanak, dan saving cost untuk kursus eksternal seperti bahasa Inggris-matematika dan music. Dengan semua yang dipaparkan di atas mungkin saja Sekolah Islam Al’Alaq tidak hanya sekadar alternative tetapi bisa menjadi pilihan bagi para orang tua yang satu visi dengan sekolah ini.

Tidak ada komentar: