:

Minggu, 31 Mei 2009

Sedalam Apa Hubungan Anda dan Si Dia?


Banyak anak selalu memuja dan menyanjung bahkan bangga dengan jalinan kasih yang ada diantara kedua orang tua mereka. Penuh rasa takjub, anak-anak merasa senang jika mereka sama sekali tak pernah melihat atau mendengar orang tuanya bertengkar.
Bisa jadi, tak adanya pertengkaran (sengit) diantara pasangan suami isteri, merupakan definisi sebuah hubungan yang baik, yang telah diyakini banyak orang selama bertahun-tahun.
Namun kini banyak orang yang menginginkan lebih dari sekadar ’hubungan baik’ dalam konteks rumah tangga yang tenteram dan adem ayem. Seperti apa sih sebenarnya sebuah hubungan yang baik dan sehat dalam sebuah perkawinan itu?
Menurut Margaret Paul, Ph.D, penulis Do I Have To Give Up Me To Be Loved By You? dan Healing Your Aloneness, ada beberapa hal yang dapat menjadi pertanda sebuah hubungan yang sehat:

Seksualitas
Apakah hubungan seksual Anda hangat dan didasarkan kepedulian? Apa Anda dapat bersikap seksual secara spontan? Apakah Anda dapat memperbincangkan apa yang membawa kesenangan pada diri masing-masing?

Kebaikan
Apakah Anda berdua mendapatkan kesenangan saat memberikan kesenangan antara satu dengan lainnya? Berbagi kesenangan merupakan esensi dari hubungan yang sehat ketimbang bersikap saling mengontrol.

Spontan
Apa Anda dan pasangan saling memberi kehangatan dan memenuhi hati masing-masing serta bebas mengekspresikan kasih sayang? Pernahkah Anda menemukan sisi unik dari dalam diri pasangan, begitu pula sebaliknya? Apakah Anda berdua menikmati berbagi kasih sayang? Sebab, kehangatan dan kasih sayang merupakan hal vital dalam sebuah hubungan yang sehat.

Tertawa dan Bersenang-Senang
Dapatkah Anda berdua berbagi tawa dan bermain bersama? Apakah Anda menghargai dan menikmati selera humor masing-masing? Di tengah masa sulit, dapatkan Anda saling membantu untuk mencerahkan hari dengan humor? Kegembiraan dan bermain bersama memiliki peran besar dalam sebuah hubungan yang sehat.

Jauh Di Mata Dekat Di Hati
Apakah Anda maupun pasangan merupakan teman favorit untuk melewatkan waktu? Apakah Anda berdua punya teman dan menikmati bersama mereka? Apakah Anda berdua baik-baik saja saat terpisah jarak? Beberapa pasangan melewatkan banyak waktu berduaan karena mereka benar-benar menikmatinya, sementara yang lain melewatkan banyak waktu berdua hanya karena takut sendirian.

Tak Bergantung
Sangat penting dalam sebuah hubungan yang sehat bagi masing-masing memiliki teman dan kesenangan, sehingga mereka tak saling tergantung satu dengan lainnya. Ketergantungan bukanlah indikasi hubungan yang sehat, terutama ketergantungan emosional.

Metode untuk Mengatasi Konflik
Semua hubungan pasti mengalami masalah. Apakah Anda memiliki sebuah metode untuk memecahkan masalah, atau justru mengesampingkan begitu saja? Jika bertengkar merupakan salah satu cara yang Anda pakai untuk mengatasi konflik, apakah Anda bertengkar dengan fair? Atau apakah pertengkaran itu melukai perasaan Anda?

Lepaskan Kemarahan
Jika salah satu atau kalian berdua marah, apakah Anda menggantungkan itu, menghukum pasangan Anda, atau dapatkah Anda melepaskannya dengan mudah? Dalam sebuah hubungan yang sehat, kedua belah pihak akan segera melupakan kemarahan, dan kembali untuk memberikan kasih sayang.

Saling Percaya
Apakah Anda berdua saling percaya kalau cinta kalian solid, bahkan saat sedang melalui masa-masa sulit? Apakah Anda berdua mengetahui bahwa Anda dapat menjadi kacau, gagal, mengecewakan masing-masing, saling menyakiti secara emosional - tetapi cinta kalian tak tergoyahkan? Apakah Anda berdua menyadari bahwa cinta itu tentang siapa diri Anda, bukan apa yang Anda lakukan? Level kepercayaan semacam ini merupakan esensi dari sebuah hubungan yang sehat.

Mendengarkan, Memahami, Menerima dan Belajar
Apakah Anda berdua merasa didengarkan, dipahami dan diterima? Apakah Anda dapat berbagi rahasia dengan pasangan tanpa merasa takut diadili? Apakah Anda lebih tertarik untuk belajar tentang diri sendiri dan pasangan ketimbang saling mengontrol? Apakah mendengarkan masing-masing dengan hati terbuka dan keinginan untuk memahami lebih penting ketimbang saling menghakimi atau membela diri sendiri?

Bebas Menjadi Diri Sendiri
Apakah Anda berdua merasa bebas untuk jadi diri sendiri? Apakah Anda dan pasangan merasa mendapat dukungan untuk mengejar apa yang membuat Anda bahagia? Apa pasangan Anda merasa gembira dengan apapun yang membuat Anda gembira?
Nah, kini Anda tahu bukan, ternyata sebuah hubungan yang sehat selalu melibatkan masing-masing pribadi dan kemampuan untuk saling mencintai. Pertanyaannya, sehatkah hubungan Anda dan si dia

Tidak ada komentar: