:

Rabu, 03 Juni 2009

Yoook, Santai Bersama Keluarga!


Anda orangtua yang sibuk? Lantas kapan saat bersantai bersama keluarga? Ketika ayah dan ibu sama-sama bekerja, maka bisa jadi keluarga terabaikan. Waktu tersita segudang aktifitas yang serasa tiada henti. Tak terpikirkan lagi rasanya ‘nongkrong’ atau berlibur bareng keluarga.
Sebenarnya menyediakan waktu untuk keluarga tidaklah sulit. Anda dapat melakukannya hanya dengan sedikit mengutak-utik manajemen waktu. Mau tahu apa saja yang dapat Anda lakukan dengan waktu Anda? Simak tips berikut:

Sisihkan Waktu

Coba sisihkan waktu setengah jam saja setiap harinya untuk menyusun rencana kegiatan esok hari. Perencanaan akan membuat Anda menjalani hari dengan lebih mudah. Hal-hal yang tadinya serasa tak mungkin dikerjakan, akan dapat dilakukan dengan memasukkannya ke dalam perencanaan.

Tanggal Khusus

Buat tanda pada tanggal-tanggal tertentu bila Anda atau anak-anak harus menyelesaikan suatu pekerjaan khusus. Dengan demikian, Anda dan keluarga tak akan pernah mendapati bahwa sesuatu yang mesti selesai ternyata belum tergarap sama sekali. Kedisiplinan akan menghindarkan Anda dan keluarga dari ketergesaan dan kepanikan. Masukkan acara untuk bepergian bersama dalam kalender keluarga Anda.

Hidup Teratur

Sebelum tidur, bereskan semua dokumen, mainan anak, dapur, dan sebagainya agar rumah bersih dan teratur. Anda pun akan lebih mudah menemukan barang-barang sebelum berangkat kerja.

Batasi Menonton TV

Waktu untuk keluarga bisa banyak terpotong oleh TV. Ada banyak hal lain yang dapat Anda lakukan selain nonton TV, seperti berbincang dengan keluarga, bermain dengan anak-anak, atau berjalan-jalan dengan mereka. Sebagai ganti nonton TV, dorong anggota keluarga, khususnya anak-anak untuk membaca atau berolahraga.

Jangan Terlalu Banyak Kursus

Lihatlah kembali kegiatan anak-anak Anda. Bila kegiatan mereka penuh dengan kursus (piano, berenang, balet, komputer, dan lain-lain), pertimbangkan baik-baik. Beri mereka juga kesempatan untuk beristirahat. Kurangi kegiatannya, agar mereka bisa menghabiskan waktu untuk bersantai bersama orangtua dan menikmati masa kecilnya dengan bahagia.

Libatkan Anak Dalam Pekerjaan Rumah

Mintalah anak-anak membantu Anda saat mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Misalnya, menyiapkan makan malam, mencuci, menyapu dan sebagainya. Melalui aneka kegiatan kecil yang dilakukan bersama ini, Anda pun dapat semakin akrab dengan anak-anak.

Nggak Bisa Diganggu

Bila Anda sedang ingin berkonsentrasi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, matikanlah handphone, pager, dan pasanglah ‘answering machine’ pada telepon Anda.

Makan Bersama

Kebiasaan makan bersama akan mengakrabkan seluruh keluarga karena di situ semua anggota keluarga bebas menumpahkan pendapatnya, bergurau dan tertawa bersama.

Tepat Waktu

Bila Anda bekerja secara efektif di kantor, maka Anda dapat pulang tepat waktu dan menyediakan lebih banyak waktu untuk keluarga.

Nah, selamat ‘nongkrong’ bareng keluarga!

Tidak ada komentar: